Laqadja akum rasulum


web stats

Kamis, 28 Maret 2024

KEJAR AKHIRAT MK DUNIA MENGIKUTIMU

KEJAR AKHIRAT MK DUNIA MENGIKUTIMU

Allah Ta’ala berfirman : “Barang siapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barang siapa menghendaki keuntungan di dunia, Kami berikan kepadanya sebagian  (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.” (QS. Asy-Syura : 20). 

Akhirat Tujuan Akhir Kita

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barang siapa menjadikan dunia sebagai tujuan utamanya, maka Allah akan cerai beraikan urusannya,  lalu Allah akan jadikan kefakiran selalu menghantuinya, dan rezeki duniawi tak akan datang kepadanya kecuali hanya sesuai yang telah ditakdirkan saja. Sedangkan, barang siapa yang menjadikan akhirat sebagai puncak cita-citanya, maka Allah akan ringan kan urusannya, lalu Allah isi hatinya dengan kecukupan, dan rezeki duniawi mendatanginya padahal ia tak minta” (HR. Al-Baihaqi dan Ibnu Hibban).

Allah Yang Akan Memberikan dan Mencukupkan

Segala sesuatu di dunia ini berada dalam kuasa Allah. Tak ada satupun yang luput dari aturan-Nya.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka  akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS. An-Nahl : 97).

Kehidupan Sebagai Ladang Mengumpulkan Amal

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerah kan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan. (QS. Al-Qasas : 77).


Tidak ada komentar: